Tips Memperbaiki dan Menyehatkan Sperma

Mungkin cara ini bisa dicoba bagi Anda yang saat ini mendambakan hadirnya buah hati dalam keluarga. Baru-baru ini penelitian di AS menemukan cara efektif dalam meningkatkan kesuburan pria.

Tim peneliti dari University of Michigan Health System menyatakan bahwa, pria yang rajin minum susu memiliki sperma yang mampu bergerak lebih aktif dan spontan, sehingga bisa memperbesar peluang kehamilan.

Peneliti menganggap bahwa tingginya kandungan kalsium pada susu dapat membantu meningkatkan produktivitas sperma dan fungsinya, seperti dilansir Livestrong.

Hasil penelitian serupa juga ditunjukkan oleh The American Pregnancy Association, yang menjelaskan bahwa kalsium pada susu dapat membantu perkembangan janin dan embrio pada masa kehamilan. Para pakar pun merekomendasikan agar wanita hamil mengonsumsi susu setiap hari untuk mendapatkan asupan kalsium yang memadai.

Bahkan mereka juga merekomendasikan untuk minum susu sebelum melakukan hubungan seks, agar kualitas sperma dan kebugaran tubuh bisa meningkat secara signifikan untuk memperbesar peluang kehamilan.

Sperma yang banyak merupakan satu tanda sistem reproduksi yang sehat.

Tidak diragukan memiliki air mani dan sperma yang lebih banyak menghasilkan orgasme lebih lama, termasuk meningkatnya hasrat seks. Jika Anda ingin menyirami pasangan dengan cinta sekaligus menjadi seorang calon ayah.

Berikut ini tips untuk memperbaiki dan meningkatkan jumlah sperma.

Berhentilah merokok mulai dari sekarang
Jika Anda seorang perokok saat ini, berhentilah. Selain menyebabkan napas tak sedap, merokok juga dapat memengaruhi jumlah sperma. Penelitian menujukan perokok memiliki jumlah sperma lebih kecil dibanding pria yang tidak merokok.

Hindari memakai celana dalam yang ketat
Testis perlu memiliki suhu lebih sejuk dibanding bagian tubuh lain karena itu memakai celana dalam atau celana panjang ketat akan mengakibatkan suhu di sekitarnya panas. Sedapat mungkin usahakan tidak mengenakan celana dalam sewaktu tidur untuk menjaga suhu tetap sejuk.

Mengubah Pola Makan
Diyakini atau tidak, pola makan akan memengaruhi produksi sperma. Cobalah makan makanan rendah lemak, berprotein tinggi, sayuran dan seluruh jenis padi-padian yang baik bagi kesehatan.

Jangan terlalu sering berhubungan intim dan masturbasi
Banyak pria mengeluhkan air mani mereka sedikit dan encer. Semakin banyak ejakulasi, semakin berkurang kekentalan air mani tersebut. Jika Anda melakukan hubungan intim setiap hari atau lebih buruk lagi masturbasi akan berpengaruh pada jumlah sperma dan kekentalan air mani itu sendiri.

Hentikan minum minuman beralkohol
Hal ini dapat memengaruhi fungsi liver yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan tingkat estrogen. Jumlah estrogen yang tinggi dalam tubuh akan memengaruhi produksi sperma. Sebaiknya hentikan minum alkohol mulai saat ini apabila Anda tidak ingin kehilangan jumlah produksi sperma.

Mencoba suplemen alami dan tradisonal
Obat-obatan buatan pabrikan mungkin bisa menghalangi produksi sperma, sementara suplemen alami diyakini dapat meningkatkan produksi sperma, seperti L-carnitine yang ditemukan dalam daging merah. Selain itu, susu merupakan asam amino alami yang dapat meningkatkan produksi sperma.

Folic acid atau asam folat ketika digabung dengan seng dapat meningkatkan produksi sperma, L-arginine yang ditemukan dalam kacang-kacangan, telur, daging, dan wijen juga memiliki khasiat yang sama, termasuk vitamin E dan selenium yang dapat memperbaiki kecepatan dan konsentrasi sperma.

Jangan mengkomsumsi obat-obatan seperti mariyuana dan obat anti jamur
Mungkin bisa menghalangi produksi sperma. Sementara suplemen alami diyakini dapat meningkatkan produksi sperma seperti L-carnitine yang ditemukan dalam daging merah dan susu merupakan asam amino alami yang dapat meningkatkan produksi dan kecepatan sperma.

Semoga bermanfaat.